by

Bupati Sasingen Sebut Pengamanan Wilayah Perbatasan Hal yang Prinsip

Bawatanusanews.com, JAKARTA- Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Evangelian Sasingen menyatakan, wilayah perbatasan Indonesia merupakan daerah terdepan yang harus dipertahankan dan diamankan untuk keutuhan NKRI. Maka dari itu pengamanan wilayah perbatasan menjadi hal yang sangat prinsip. “Sebagai pimpinan daerah yang memiliki wilayah perbatasan, maka saya sangat mengapresiasi pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional Pengamanan Perbatasan Negara (Pamtas) 2020 ini,” ujar Sasingen usai menghadiri kegiatan rakornas yang diselenggarakan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), di Jakarta, Rabu (11/3) siang tadi.

Menurut Sasingen, seperti yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, bahwa prinsipnya tidak boleh ada sejengkal tanah pun atau sebagian kecil, dan sekecil apapun dari wilayah ini yang bisa lepas dari kedaulatan NKRI, maka itu harus dilakukan. “Pemerintah daerah sudah pasti sangat mendukung akan hal itu. Termasuk dalam menjaga keamanan wilayah pastinya akan berkoordinasi pihak-pihak terkait dalam hal ini TNI dan Polri,” ucapnya.

Sasingen pun mendukung dengan kehadiran BNPP, menurutnya, suatu badan yang sangat penting untuk menjaga kedaulatan NKRI. Yang salah satunya tugasnya menyelesaikan berbagai persoalan di perbatasan. “Saya berharap BNPP dapat menjalankan tugasnya dengan baik, termasuk kami pemerintah daerah selalu siap bersinergi dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah NKRI,” ucapnya kembali.

Sebagaimana rakornas itu sendiri mengusung tema “Perwujudan Sistem Pengamanan Perbatasan Negara Terpadu Menuju Perbatasan Negara yang Aman, Tertib, Maju dan Dinamis”. Di mana maksud dan tujuan dari pelaksanaan Rakornas Pamtas 2020 ini adalah memberikan pemahaman tentang arah kebijakan dan strategi pengamanan perbatasan negara, mengidentifikasi isu serta permasalahan pengelolaan batas wilayah negara dan lintas batas negara sebagai dasar perumusan dan penyusunan kebijakan untuk mewujudkan sistem pengamanan perbatasan negara terpadu menuju Perbatasan Negara yang aman, tertib, maju, dan dinamis.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed