by

RUU Kepulauan dan Pesisir Sangat Penting

Bawatanusanews.com, BALIKPAPAN- Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Evangelian Sasingen menghadiri kegiatan Workshop Sosialisasi Rencana Undang-Undang (RUU) Daerah Kepulauan yang digelar Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo), di Balikpapan, Kalimatan Timur, Selasa (10/3) kemarin.

Bupati Sasingen yang juga selaku Bendahara Umum Aspeksindo menyatakan, pembangunan di wilayah pesisir itu sangantlah penting. “Wilayah kita memiliki banyak potensi yang dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Contohnya, potensi wisata dan perikanan. Karena dua pertiga wilayah kita terdiri atas laut, sehingga secara global Indonesia berpotensi sebagai negara penyedia pangan laut terbaik, dan bukan sebaliknya. Maka dari itu pembangunan wilayah pesisir itu sangatlah penting,” ujar Sasingen di sela-sela kegiatan yang dibuka Plt Direktur Jenderal Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan Aryo Hanggono ini.

Sasingen bilang, banyak daerah kepulauan memiliki potensi wisata laut, dan perikanan yang belum tersentuh secara masif. Oleh karena itu, Aspeksindo selaku organisasi pemerintah daerah wilayah kepulauan dan pesisir perlu mendorong percepatan pembangunan tersebut. “Dan workshop sosialisasi RUU Daerah Kepulauan, di mana rangkaian kegiatan ini sebagai langkah strategis pemerintah dalam mempercepat pembangunan. Juga mendorong terwujudnya pemerintahan daerah kepulauan dan pesisir yang demokratis, profesional, bersih, terpercaya, dan bertanggung jawab,” katanya.

Dirinya pun menyambut baik perhelatan hajatan yang mengangkat tema “Penguatan Legislasi Daerah Untuk Indonesia Maju”. Karena melalui kegiatan ini kata dia, juga menjadi kesempatan bagi semua anggota Aspeksindo untuk saling tukar pikiran dan pengalaman mengenai permasalahan yang muncul antara satu daerah dengan yang lainnya. “Sehingga itu bisa menjadi masukan terkait pengembangan daerah masing-masing,” katanya kembali.

Sekedar informasi selain kegiatan Workshop Sosialisasi RUU Kepulauan, juga di deklarasi Asosiasi DPRD Daerah Kepulauan dan Pesisir. Turut hadir pada kegiatan ini, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sitaro Djon P Janis bersama sejumlah anggota dewan, dan para pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed