by

Targetkan Opini WTP Ketujuh Kali

Bawatanusanews.com, MANADO- Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menjadi satu-satunya wilayah kepulauan di Sulawesi Utara yang berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) enam kali secara berturut-turut. Kini, pemerintah di daerah dengan sebutan 47 Pulau ini telah menargetkan meraih opini WTP untuk ketujuh kalinya.

Sebagaimana Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen telah menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited Tahun Anggaran 2019 ke Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Sulut yang diterima Kepala BPK RI Sulut BPK-RI Perwakilan Sulawesi Utara, Karyadi, Kamis (12/3) kemarin.

LKPD yang diserahkan Bupati Sasingen ini sesuai amanah Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, yang menyebutkan bahwa Pemerintah Daerah berkewajiban menyerahkan Laporan Keuangan kepada BPK RI untuk dilakukan pemeriksaan sebelum disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). “LKPD Unaudited ini menyajikan informasi pelaksanaan anggaran, posisi keuangan dan catatan atas laporan keuangan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP),” ujar Sasingen usai penyerahan.

Lebih lanjut kata Sasingen, semua yang diserahkan dipergunakan dipakai sebagai bahan pemeriksaan lanjutan. Di mana itu, akan diipakai untuk melakukan penilaian atas kewajaran LKPD Sitaro Tahun Anggaran 2019 yang disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Kami berdoa, kiranya LKPD yang kami sampaikan ini, nantinya akan memberikan hasil pemeriksaan yang terbaik dengan capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” ujarnya kembali.

Penyerahan LKPD ini, Bupati Sasingen didampingi Sekretaris Daerah Herry Bogar, Asisten 3 Denny Kondoj, Inspektur Daerah Hendrik Lalamentik, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Rolly Korengkeng, dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Theo Umbas.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed