by

Pemerintah di Sitaro Apresiasi dengan Penerapan SIAPP82

Bawatanusanews.com, MANADO- Peningkatan manfaat program BPJamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan resmi berlaku setelah ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 2 Desember 2019. Di mana hal itu telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2019 tentang Perubahan atas PP Nomor 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK).
Pekan lalu, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro, Herry Bogar hadir pada acara Sosialisai Peningkatan Manfaat Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2019 (SIAPP82) dan Sosialisasi Paritrana Award yang diselenggarakan BPJamsostek, di Manado. “Sudah pasti penerapan ketentuan SIAAP82 ini sangat diapresiasi pemerintah daerah,” ujar Bogar, usai kegiatan.

Sebagaimana SIAPP 82 ini mengatur tentang peningkatan manfaat program JKK dan JKM yang diberikan kepada pekerja Indonesia tanpa kenaikan iuran. Menurut Bogar, dengan kenaikan manfaat itu, maka secara umum sangat membantu para pekerja.

“Seperti manfaat JKK dinaikkan di antaranya, santunan pengganti upah selama tidak bekerja, ditingkatkan nilainya menjadi 100 persen untuk 12 bulan dari sebelumnya hanya 6 bulan. Setelah 12 bulan dan seterusnya pengganti upah ditanggung sebesar 50 persen hingga sembuh, kemudian biaya transportasi angkutan darat yang juga meningkat dari Rp 1 juta menjadi maksimal Rp 5 juta, angkutan dari Rp1,5 juta menjadi Rp2 juta, dan angkutan udara menjadi Rp 10 juta dari sebelumnya Rp 2,5 juta. Maka ketentuan ini jelas sangat membantu para pekerja,” katanya.

Terkait dengan Paritrana Award, kata dia lagi, pastinya pemerintah daerah memiliki target menggondol prestasi itu. Meski secara umum, menurutnya, target utama pemerintah daerah bagaimana berkontribusi positif terhadap implementasi jaminan sosial ketenagakerjaan. “Karena pada prinsipnya implementasi yang baik terkait jaminan sosial ketenagakerjaan itu yang paling penting,” katanya kembali.

Sementara Sekda dalam kegiatan sosialisasi ini didampingi, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah, Rolly Korengkeng, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Tenaga Kerja, Son Bogar, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, James Marthin, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Theo Umbas.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed