by

Cegah Corona, Anggota DPRD Sitaro Dilarang Lakukan Perjalanan Dinas

Beda halnya dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di beberapa daerah yang terkesan tak proaktif dalam upaya pencegahan Virus Corona. DPRD Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) sangat proaktif dalam pencegahan Virus COVID-19 ini.

Di mana langkah preventif telah dilakukan, dengan mengeluarkan kebijakan larangan bagi anggota DPRD untuk melakukan perjalanan dinas keluar daerah atau ke Luar Negeri.

Pelarangan itu tertuang dalam surat pemberitahuan Nomor 20/DPRD/III/2020 yang ditandatangani Ketua DPRD Sitaro Djon P Janis tertanggal 19 Maret 2020.

Isi surat itu menukil dari Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Rangka Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di lingkungan instansi pemerintah baik provinsi, maupun kabupaten dan kota.

Serta adanya kebijakan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro dalam penyecegahan Virus Corona di daerah, maka sehubungan dengan itu kepada pimpinan dan anggota DPRD Sitaro untuk tidak melakukan perjalanan dinas dalam negeri maupun luar negeri. Baik itu melaksanakan konsultasi, kunjungan kerja atau kegiatan-kegiatan lainnya.

Ketua DPRD Djon P Janis menyatakan, surat pemberitahuan ini sudah disampaikan kepada semua pimpinan dan anggota dewan yang ada. “Jadi tidak ada pengecualian, untuk saat ini semua anggota dewan dilarang melakukan perjalan dinas,” ujar Janis, Jumat (20/3).

Politisi PDI Perjuangan ini menuturkan, anggota dewan harus proaktif dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit ini. Salah satunya, dengan tidak melakukan aktivitas perjalanan perjalanan dinas. “Ini langkah DPRD mencegah penyebaran, apalagi di beberapa daerah di Indonesia sudah ada yang dinyatakan positif mengidap penyakit corona,” ucapnya.

Dirinya pun sangat mengapresiasi langkah-langkah preventif yang sudah diterapkan Pemkab Sitaro. Baginya, upaya pencegahan dari pihak pemkab sudah tepat. “Dewan sendiri mendukung penuh untuk semua yang sudah dilakukan pihak eksekutif, ucapnya kembali.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed