by

Pemerintah dan MTK Kampung Ini Gotong Royong Bangun Rumah Warga Kurang Mampu

SITARO – Opa Empras begitu biasa disapa oleh warga Kampung Lesah, di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) kesehariannya hanya tinggal di sebuah gubuk kecil. Namun masa-masa itu sudah ditinggalkan Opa Empras, setelah gubuk berukuran 3×3 meter nan sederhana yang ditempati itu diganti dengan bangunan rumah baru layak huni.

Adalah inisiatif pemerintah dan Majelis Tua Tuan Kampung dengan membangun rumah baru bagi lelaki yang pernah menjabat sebagai perangkat di Pemerintahan Kampung Lesah selama 12 tahun (1974-1986) ini secara gotong royong.

“Sebagaimana instruksi pimpinan daerah (bupati), agar kami aparat pemerintah kampung harus peka dengan kondisi warga yang ada. Maka pembangunan rumah yang layak bagi warga kurang mampu ini sebagai salah satu tindak lanjut kami dari instruksi pimpinan daerah,” ujar Kapitalau (Kepala Desa) Kampung Lesah, Rosevelt Derek, Sabtu (2/5).

Lanjut Derek menyatakan, selaku penerima Program Keluarga Harapan (PKH), maka Opa Empras tak bisa lagi menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) akibat penyebaran virus corona ini. Hal itu pula kata Derek, selain menindak lanjuti instruksi pimpinan daerah, yang mendorong pihaknya bersama MTK bermusyawarah mencari solusi bersama.

Hunian baru Opa Empras warga Kampung Lesah, Kecamatan Tagulandang yang dibangun Pemerintah, MTK dan warga Kampung Lesah.(Foto:Istimewa).

“Dan disepakati untuk dilakukan pembangunan rumah baru bagi Opa Empras,” kata Derek.

Adapun bahan untuk pembangunan rumah menurut Derek, dengan memanfaatkan sisa material pembangunan fisik jalan rabat beton yang bersumber dari Dana Desa. Namun kebutuhan bahan bangunan secara umum belum semuanya tersedia, seperti paku, seng, triplek serta kebutuhan lainnya.

“Jadi saya berinisiatif menggunakan dana pribadi agar rumah ini bisa secepatnya dibangun. Karena sebagai Kapitalau saya merasa bertanggungjawab untuk memperhatikan keberadaan warga masyarakat Kampung Lesah, jabatan ini merupakan amanah dari rakyat Lesah bagi saya,” tutur pria yang akrab disapa dengan panggilan Enda ini.

“Dalam pembangunan rumah ini melibatkan pula para relawan COVID-19 di kampung,” kata Derek kembali.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed