by

Warga Kampung di Sitaro yang di Luar Daerah Akan Disalurkan Bantuan Akibat COVID-19

SITARO – Warga masyarakat yang bermukim di sejumlah kampung di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), namun tengah berada di luar daerah tak perlu kuatir soal penyaluran bantuan akibat penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19 ini.

Pasalnya pemerintah daerah telah mengeluarkan kebijakan melalui pemerintah kampung untuk menyalurkan bantuan kepada mereka yang sementara waktu ini harus berada di luar daerah akibat aktivitas penting lainnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Novryoz E Takalamingan SSTP menuturkan, ada sejumlah warga dari kampung-kampung di Sitaro yang saat ini berada di luar daerah, seperti di Kota Manado dan daerah sekitarnya. Itu karena pekerjaan, membantu pengobatan anggota keluarga ataupun berbagai kepentingan lainnya yang mengharuskan mereka meninggalkan kampung mereka.

“Dengan situasi saat ini, bagi mereka harus berada di luar daerah karena alasan yang penting lainnya, sudah pasti sangat terbebani. Maka dari itu, pemerintah daerah menyikapi kondisi ini dengan mengeluarkan kebijakan untuk penyaluran bantuan kepada mereka yang di luar daerah melalui pemerintah kampung,” kata Takalamingan.

Menurut Takalamingan, semua kapitalau telah diminta untuk melakukan pendataan setiap warga kampung masing-masing yang saat ini berada di luar daerah.

“Data itu yang nantinya sebagai acuan untuk penyaluran bantuan akibat penyebaran virus corona kepada warga yang sedang berada di luar daerah tersebut,” ujar Takalamingan.

Tak hanya itu, Takalamingan menegaskan, para kapitalau juga sudah diingatkan dalam penyaluran bantuan harus sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku dalam penanganan pandemi ini. Kata dia, diingatkan pula terkait pembagian bantuan harus transparan.

“Dinas PMD akan melakukan pengawasan, termasuk kapitalau wajib melaporkan untuk semua kegiatan penyaluran bantuan secara terbuka,” ujar Takalamingan kembali.

Sementara Pemerintah Kampung Lesah, Kecamatan Tagulandang, salah satu pemerintah kampung yang telah menindak lanjuti instruksi ini. Kapitalau (Kepala Desa) Lesah, Rosevelt Derek mengatakan, pihak telah menyalurkan bantuan pangan (sembako) kepada warga yang saat ini berada di Manado karena telah melakukan pengobatan anggota keluarga.

“Bahkan untuk warga yang terdata sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa akan disalurkan dengan mekanisme nontunai (transfer) ke rekening. Meski sebelumnya dilakukan validasi dan finalisasi lewat musyawarah desa, lebih khusus mereka (warga) yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah,” ujar Derek.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed