by

Bupati Sasingen Seriusi Soal Peningkatan Jumlah Kasus Covid-19 di Sulut

SITARO – Jumlah kasus pasien positif terinfeksi virus SARS-Cov-2 atau Corona di Provinsi Sulawesi Utara meningkat signifikan. Per Minggu (10/5), telah terjadi pertambahan 18 kasus baru dari sebelumnya tercatat sebanyak 53 kasus, sehingga akumulatif pasien positif corona di Sulut mencapai 71 kasus.

“Ini yang harus menjadi perhatian, karena pertambahan kasusnya (Positif Covid-19) luar biasa. Warga Sitaro diminta tingkatkan kewaspadaan,” ujar Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Evangelian Sasingen menseriusi peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Sulut.

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19 ini pun menegaskan, agar Satgas di daerah melakukan pengawasan ketat untuk semua tempat umum. Pengawasan ini menurutnya, terkait masker yang wajib digunakan oleh warga saat beraktivitas.

“Semua tempat umum harus diawasi ketat, lebih khusus soal penggunaan masker itu. Karena ini, protokol yang wajib diterapkan oleh semua warga mengantisipasi penyebaran virus corona ini,” ucapnya.

Dirinya pula menyatakan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) dan para camat sudah diingatkan untuk terus mengimbau warga agar terus menerapkan kebijakan dari pemerintah daerah dalam upaya mencegah penyebaran virus tersebut, dengan tetap di rumah apabila tak ada kegiatan yang mendesak. Kata dia, tetap di rumah adalah cara yang paling tepat untuk memutus rantai penyebaran virus ini.

“Menjaga pola hidup sehat, termasuk warga sebaiknya tak melakukan perjalanan ke luar daerah, demikian pula sebaliknya,” katanya.

“BKPSDM (Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia) juga telah diingatkan untuk melakukan pengawasan terhadap pegawai yang sering bolak balik Manado. Pastinya ada sanksi bagi mereka yang melanggar aturan ini,” kata Sasingen kembali.

Satgas Awasi Tempat Umum

Satgas Covid-19 dari unsur kepolisian mengimbau warga agar tetap menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Pasca penegasan Ketua Satgas Covid-19, Evangelian Sasingen soal pengawasan ditempat umum, langsung ditindak lanjuti anggota Satgas. Senin (11/5), para anggota Satgas turun langsung mengimbau warga terkait penggunaan masker.

Khusus di lokasi pasar tradisional dan di terminal, anggota Satgas menyambangi para warga yang ada. Warga pun diingatkan wajib menggunakan masker saat beraktivitas, dan yang tidak menggunakan diimbau agar memakai perlengkapan di wajah itu di saat seperti sekarang ini.

“Warga yang tidak menggunakan masker ditegur secara langsung, dan diminta untuk tidak beraktivitas kalau tak memakai masker,” ujar Anggota Satgas Covid-19, Richard Sasombo.

“Tadi juga pemerintah kecamatan sudah melalukan sosialisasi lewat publikasi langsung, meski memang secara umum ada juga sejumlah warga yang belum patuh soal penggunaan masker ini. Soal ini, Satgas menegur langsung, karena ini demi kepentingan seluruh warga masyarakat di Sitaro,” ujar Sasombo kembali.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed