by

Pemda Sitaro Mulai Salurkan BLT Dana Desa

SITARO – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mulai menyalurkan salah satu instrumen jaring pengaman sosial terkait dampak penyebaran Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 saat ini. Adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari Dana Desa (Dandes) yang telah disalurkan, Senin (18/5).

Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen dan Wakil Bupati John H Palandung secara langsung menyerahkan BLT Dandes ini ke sejumlah warga, di tiga kampung, yakni Kampung Karalung, Kampung Buise, dan Kampung Dame I, di Kecamatan Siau Timur.

Bupati Sasingen dalam arahannya, berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Semua kampung sudah akan menyalurkan bantuan BLT, diharapkan pekan ini proses penyalurannya selesai,” ujar Sasingen.

“Saya juga mengingatkan agar bantuan ini dimanfaatkan dengan baik. Gunakanlah sesuai dengan peruntukan, tidak pada hal lain, karena pemberian bantuan ini untuk membantu pemenuhan kebutuhan pokok saat penyebaran virus corona ini,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Novryoz E Takalamingan menuturkan, bahwa penetapan penerima BLT Dandes ini sudah melalui proses verifikasi dan validasi secara berjenjang.

Dijelaskan Takalamingan, untuk tahapannya diawali dengan pendataan dari relawan COVID-19 di masing-masing kampung. Setelah itu, hasil pendataan ini di musyawarahkan oleh aparat kampung dengan melibatkan semua pihak terkait, kemudian dibuat berita acara dari musyawarah tersebut.

“Berita acara musyawarah kampung ini dilaporkan ke pimpinan daerah, dan setelah itu barulah dilakukan verifikasi sekaligus validasi data oleh tim kabupaten. Hasil dari verifikasi dan validasi tersebut direkomendasikan tim, dan kemudian didelegasikan ke kecamatan terkait proses penyaluran,” jelas Takalamingan.

Menurut Takalamingan proses ini sudah sesuai aturan, karena bagian dari mencegah terjadinya tumpang tindih penerima bantuan. Sehingga dirinya dapat memastikan, bahwa dalam penyaluran bantuan sudah sesuai peruntukan, yakni diserahkan kepada mereka yang layak menerima.

“Termasuk PMD juga akan melakukan pengawasan selama proses penyaluran BLT ini,” tandasnya.

Sebagai informasi besaran manfaat dari BLT Dana Desa yang diterima Rp 600.000,- per kepala keluarga, per bulan selama tiga bulan dimulai sejak April 2020.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed