by

Penerapan Protokol Kesehatan, Raule: Wajib Itu Bagi Siapa Pun

SITARO – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) memiliki komitmen dalam penerapan protokol kesehatan, terlebih bagi mereka yang menjadi pelaku perjalanan dari luar daerah. Hal ini dilakukan sebagai langkah preventif, untuk mencegah penyebaran Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19.

Menurut Juru Bicara Tim Gugus Percepatan COVID-19 Sitaro, dr Semuel E Raule MKes, bahwa protokol kesehatan terkait penanganan virus corona ini wajib dijalankan oleh siapa pun, terlebih mereka yang menjadi pelaku perjalanan ke Sitaro.

“Tanpa terkecuali, wajib itu bagi siapa pun untuk mengikuti protokol kesehatan,” ujar Raule diwawancarai, Selasa (2/5).

Sebagaimana dari informasi yang dirangkum, dikabarkan ada sejumlah pihak yang sempat mangkir dengan tidak mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Seperti halnya tak menjalankan isolasi mandiri, selain tidak mengikuti protokol kesehatan lainnya.

Raule mengaku, dalam rangka optimalisasi maka dibutuhkan sinergisitas semua pihak dalam penerapan protokol kesehatan tersebut. Sebab, jelas tujuannya agar penanganan kesehatan untuk mencegah penyebaran virus SARS-CoV-2 sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Makanya, apabila tanpa ada sinergisitas, sudah pasti penerapan protokol kesehatan ini tak akan jalan maksimal. Dan itu tidak sesuai dengan SOP kesehatan, sekaligus dapat menjadi ancaman terkait penyebaran virus corona ini,” ucap Raule.

Namun, Raule mengatakan, ada beberapa kebijakan yang dikhususkan bagi sejumlah pihak, seperti halnya anggota TNI dan Polri maupun pejabat yang sedang menjalankan tugas penanganan corona. Terhadap mereka, Raule mengaku, bisa semisal tidak menjalani isolasi di rumah singgah.

“Akan tetapi mereka tetap harus menerapkan protokol kesehatan seperti pemeriksaan suhu tubuh ketika mereka menjadi pelaku perjalanan, maupun menjalani pemeriksaan kesehatan lainnya itu wajib, dan harus diikuti. Termasuk pula menjalani isolasi mandiri ketika mereka tiba di Sitaro,” tuturnya.

“Karena hal ini sudah ada aturannya, yang mengatur bahwa semua pihak, siapa pun dia harus mengikuti protokol kesehatan itu,” tutur Raule kembali.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed